Internet Mendunia

 

Internet, media yang satu ini mungkin tak asing lagi bagi anda.  Kehadirannya telah banyak memberikan kemudahan dalam akses informasi serta memungkinkan berinteraksi dengan banyak orang  dibelahan dunia manapun.

Salah satu situs yang banyak dikunjungi saat ini adalah google. Situs ini menyediakan search engine yang menghubungkan jutaan link di dunia web. Bahkan, penggagas google, Larry page menargetkan informasi dapat diakses dalam hitungan 0,3 detik.  Ejaan asli goole berasal dari kata ‘googol’ yang berarti 10100 .

Pada tahun 1993 program google sempat ditawarkan pada yahoo, Infoseek dan Excite akan tetapi ditolak. Alasannya, karena program google dianggap tak dapat mendatangkan income karena tidak mengurung informasi alias menghubungkannya dengan link lain.

Akhirnya, dengan modal US$ 1 miliar dari empat investor asal india, google mendirikan perusahaan sendiri pada tahun 1998. Dan saat ini penghasilannya telah mencapai enam ribu lima ratus triliun per tahunnya.  Jumlah ini bahkan telah melebihi penghasilan yahoo.

Pada tahun 2004 google mulai mengembangkan Gmail, blogspot, Ad Sense,   Ad word, serta Google book dan beberapa program lainnya. Selain itu, ia juga membeli beberapa situs, seperti Double click, Ask.com, You tube, dan chorme. Dan, dalam waktu dekat ini, google akan membuka cabang di Jakarta. Lalu, tahukan anda apa dampak  dibalik kesuksesan itu?

Ratusan wartawan kehilangan pekerjaannya karena kehadiran google. Bukan hanya itu penjualan CD pun ikut menurun. Belum lagi bentroknya dengan beberapa perusahaan seperti Microsoft, Apple, Amazon.com, dan Viacom.  Bahkan banyak perusahaan yang akhirnya gulung tikar. Beberapa media cetak pun stop produksi dan beralih ke media on line.

Menandingi kesuksesan google, Facebook rupanya menemapati posisi pertama. Jejaring social ini didirikan pada tahun 2004 oleh Mark Zuckerberg pada usianya yang ke 19. Menurut Mark, informasi yang kita butuhkan terkadang ada dalam kepala, bukan pada hasil indeks. Dengan menggunakan FB semua orang bebas mengekpresikan dan menuangkan apa yang ada dalam kepala mereka. Kehadiran FB juga menentang cara kerja friendster dan myspace yang dinilai sebagai ajang cari jodoh.

Penggunaan Facebook pada awalnya hanya di kampus Harvard lalu kekampus lain, dan sekarang telah mendunia. KIni, 1 dari 14 orang di dunia telah punya akun FB. Ditargetkan 10 tahun lagi, separuh penduduk dunia telah memilikinya.

Berdasarkan hasil survey 2010, pengguna FB terbanyak berasal dari Amarika Serikat. Menyusul diposisi kedua, Indonesia dengan jumlah 34.319.040 akun.

“Sepuluh tahun yang lalu saya tidak menyangka perkembangan internet di Indonesia akan secepat ini” Ujar Andreas harsono dalam diskusi bersama profesi jumat 26 maret lalu. Melihat perkembangan tersebut, penulis buku ‘Agama’ saya adalah jurnalisme ini menyarankan profesi segera menyiapkan diri menyambut perkembangan teknologi yang satu ini.” Suatu saat profesi akan stop cetak dan beralih ke website, dan kalian harus memikirkannya dari sekarang” Sarannya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: