Stie Yasa Anggana

PROFIL INSTITUSI

Prakata

siti aminmah 2

 

 

 

 

 

 

 

Assalamu’alaikum Wr. Wb..

Dewasa ini pendidikan sudah merupakan kebutuhan dasar manusia yang harus terpenuhi hal ini selaras dengan semangat Undang-Undang Dasar 1945 dan Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional  bahwasanya tiap-tiap warga negara berhak mendapat pendidikan dan pengajaran untuk mewujudkan manusia Indonesia yang bertaqwa, memiliki kemandiriaan dalam menjalankan kehidupannya, dimana pada era Teknologi Informasi dan perkembangan ilmu pengetahuan begitu pesatnya, menuntut adanya sumber daya manusia yang berkualitas, handal dan profesional. Oleh karena itu dengan kebutuhan pendidikan sebagai sarana strategis membangun manusia unggul  akan semakin terasa dimasa sekarang dan dimasa yang akan datang.

Yayasan Pendidikan dan Pelatihan “Yasa Anggana“ Garut yang diketuai oleh Bapak H. Selamet Thanoe salah satu putra terbaik Garut, merasa  tergugah untuk turut berkiprah serta berperan aktif dalam rangka menyelenggarakan dan mempersiapkan manusia Indonesia yang handal dan profesinal di melalui bidang pendidikan khususnya bagi masyarakat Garut, dengan menyelenggarakan Program Pendidikan Tinggi yaitu Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi ”Yasa Anggana” Garut yang bertanggung jawab, dimana YASA ANGGANA dapat diartikan sebagai” Menggali, Mengolah dan Mengembangkan Kemampuan Diri ”  yang pengelolaannya diatur selaras dengan semangat Undang-Undang Dasar Negara RI.

Oleh karena itu, STIE “Yasa Anggana” Garut senantiasa berupaya untuk menghadirkan pendidikan tinggi yang berkualitas, melalui peningkatan berbagai program pelayanan yang mengikuti perkembangan teknologi dan informasi, salah satu upaya tersebut adalah menghadirkan website STIE “Yasa Anggana” Garut yang berisikan berbagai informasi yang dibutuhkan oleh mahasiswa, dosen, dan stakeholder lainnya.

Semoga dengan hadirnya website ini dapat menjadi sarana dan wahana komunikasi dan menjadikan STIE “Yasa Anggana” Garut sebagai Perguruaan Tinggi Unggulan di Jawa Barat pada Bidang Ekonomi dan Bisnis.

Terima kasih

Wassalamu’alaikum WR. Wb..

 

Siti Aminah, Dra., M.Pd

PIMPINAN STIE “YASA ANGGANA” GARUT

pimpinan 2012 2016

 

 

 

 

 

 

 

PERIODE 2012/2014

Sekapur Sirih

slide3

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) “Yasa Anggana” Garut diselenggarakan pada tahun 1995 berdasarkan keputusan Direktur Jendral Pendidikan Tinggi No. 012/D/O/1995 tanggal 23 Februari 1995 dan bernaung di bawah Yayasan Pendidikan dan Pelatihan “Yasa Anggana” Garut yang didirikan berdasarkan Akta Notaris Ny. Dedeh Karyana, S.H. No. 24 tanggal 22 Nopember 1994 dan Akta Perubahan  Anggaran Dasar Yayasan Pendidikan dan Pelatihan Yasa Anggana No. 11, Tanggal 28 Juli 1999, serta Akta Perubahan berdasarkan Berita Acara Rapat Yayasan Pendidikan dan Pelatihan Yasa Anggana No. 44, Tanggal 14 Juni 2010.  STIE “Yasa Anggana” Garut menyelenggarakan Program Studi Manajemen Jenjang S-1 dan Program Studi Keuangan dan Perbankan Diploma Tiga (D-3). Kedua Program Studi telah memperoleh ijin perpanjangan operasional berdasarkan Surat Dirjen Dikti Nomor 2804/D/T/K-IV/210  Tanggal 2 Juli 2010  untuk Program Studi Manajemen Jenjang S-1 dan Surat Dirjen Dikti Nomor 2538/D/T/K-IV/2009 Tanggal 19 Juni 2009 untuk Program Studi Keuangan dan Perbankan Jenjang D-3.

 

Didirikannya STIE ”Yasa Anggana” Garut merupakan pengejawantahan dari cita-cita para pendiri Yayasan Pendidikan dan Pelatihan “Yasa Anggana” Garut untuk, menghadirkan suatu institusi pendidikan tinggi yang merupakan pusat keunggulan di tingkat daerah khususnya Kabupaten Garut, dengan mengedepankan kualitas pembelajaran sehingga dapat menghasilkan lulusan yang kredibel serta mampu bersaing dalam kompetisi masa depan yang bertumpu pada Knowledge Base Society. Para pendiri STIE ”Yasa Anggana” Garut menyadari bahwa hakekat kompetisi dalam dunia politik, sosial, dan ekonomi dimasa depan tidak lain adalah kompetisi Sumber Daya Manusia.
Pada saat ini bangsa Indonesia sedang menghadapi berbagai krisis dan perubahan besar yang pada akhirnya diharapkan akan melahirkan suatu tatanan masyarakat madani (civil society). Perubahan-perubahan ini dicirikan dengan demokratisasi, otonomi dan kesadaran dalam berbangsa dan bernegara. Dalam masyarakat Indonesia yang majemuk dan menghadapi perubahan-perubahan, perguruan tinggi dihadapkan pada peluang dan sekaligus tantangan global dengan lingkungan dan tatanan yang terus berubah dengan cepat. Di dalam masyarakat masa depan, ilmu pengetahuan diyakini akan menjadi penggerak utama pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat. Penguasaan dan pemanfaatan ilmu pengetahuan merupakan peluang dan tantangan yang memerlukan tanggapan cepat dan strategis. Civitas Akademika STIE “Yasa Anggana” Garut bertekad berperan sebagai kekuatan intelektual bagi lahirnya masyarakat baru yang berbasis pengetahuan (knowledge society) khususnya dalam menunjang pengembangan Masyarakat Kabupaten Garut.
Tuntutan dan harapan masyarakat semakin meningkat sehingga menuntut STIE “Yasa Anggana” Garut   untuk berkewajiban menghasilkan lulusan yang berkualitas dan mampu berdiri setara dalam pergaulan masyarakat, berperan aktif dalam menggerakkan     roda ekonomi dan pembangunan bangsa, serta menghasilkan karya yang mampu mendorong peningkatan keunggulan bangsa pada umumnya dan keunggulan lokal pada khususnya. Dalam Iklim suasana dan semangat otonomi daerah, STIE ”Yasa Anggana” Garut mempunyai peluang besar untuk berperan aktif dalam pembangunan daerah berdasarkan keunggulan strategisnya. Agar dapat memanfaatkan keunggulan strategis secara lebih optimal, diperlukan jaminan tatanan manajemen STIE ”Yasa Anggana” Garut menuju kemandirian dalam menentukan kebijakan yang mencakup bidang pendidikan, penelitian, dan pelayanan masyarakat. Tatanan baru dengan asas kemandirian akan merupakan perangkat yang memperlancar pelaksanaan peran-peran dan pemenuhan harapan-harapan. Kemandirian ini juga diperlukan untuk mewujudkan institusi STIE ”Yasa Anggana” Garut yang efektif, efisien, berkualitas, dalam pengelolaannya serta sekaligus akuntabel pada masyarakat.

Falsafah & Nilai Dasar

1.   FALSAFAH DASAR
Hak hidup STIE ”Yasa Anggana” Garut berasal dari dan terdapat dalam pengabdian diri, dan hak hidup tersebut hanya dapat kekal serta membawa hasil yang sebesar-besarnya bagi masyarakat, jika ia bersatu dan bertunggal dengan masyarakat, maka berdasarkan asas Pancasila, idealisme STIE ”Yasa Anggana” Garut senantiasa berpijak pada nilai dasar yakni, dedikasi, loyalitas dan integritas juang  yang  semata-mata dipersembahkan demi kemajuan masyarakat, bangsa dan negara.

2.    PRINSIP DASAR
1)    Implementasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan akademik.
2)    Kebebasan mimbar akademik yang dilaksanakan secara bertanggungjawab.
3)    Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat yang berkualitas.
4)    Kemandirian manajemen, transparansi, efisiensi, & pengutamaan pada kepentingan institusi.
5)    Kepemimpinan kolektif yang didasarkan atas azas kebersamaan.

3.    NILAI DASAR
1)    Dedikasi
2)    Loyalitas
3)    Integritas
4)    Kejujuran dan Keterbukaan

4.    ORIENTASI
(1)    Pendidikan untuk menghasilkan lulusan yang profesional dan berkarakter :
a.    mandiri, kreatif, inovatif dan berjiwa wirausaha.
b.    cakap, beriman dan bertakwa,
c.    bertanggung jawab terhadap kesejahteraan masyarakat,
d.    memiliki kemampuan akademik dan profesional,
e.    mampu menerapkan, mengembangkan dan memperkaya khasanah ilmu pengetahuan, dan teknologi,
f.    berintegritas tinggi serta berwawasan kebangsaan,
(2)    Penelitian dan pelayanan masyarakat yang mencakup:
a.    pengembangan IPTEKS secara kreatif dan inovatif untuk mewujudkan keunggulan bangsa maupun keunggulan lokal,
b.    pemanfaatan hasil IPTEKS untuk memberdayakan masyarakat serta mendukung pembangunan nasional dan daerah.
c.    penelitian dalam bidang ilmu ekonomi dan bisnis perlu mendapat perhatian khusus.
(3)    Penyediaan sarana-prasarana kampus untuk mendukung posisi STIE “Yasa Anggana” Garut menuju ke arah standar mutu nasional maupun regional.
(4)    Pengembangan jaringan kerjasama menuju pembangunan masyarakat yang demokratis, adil, dan makmur sejalan dengan kebijakan nasional maupun kebijakan pemerintah daerah.

Visi dan Misi

1.    VISI
“ Menjadi Sekolah Tinggi Unggulan di Jawa Barat Yang Berdaya Saing Pada Bidang Ekonomi dan Bisnis Tahun 2014 ”   (To be an excellent collage in west Java that has competitive ability in the field of economy and business in 2016)

2.    MISI
1)    Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran secara profesional sehingga menghasilkan sumber daya manusia yang berdaya saing global pada Bidang Ekonomi dan Bisnis.
2)    Menyelenggarakan penelitian dan pengabdian pada masyarakat dalam rangka pengembangan dan penyebarluasan ilmu pengetahuan serta menjalin kerjasama yang berkelanjutan.
3)    Melaksanakan tata kelola perguruaan tinggi yang baik menuju Good University Governance
3.    TUJUAN

1)    Menghasilkan sumber daya manusia / lulusan yang profesional dan berdaya saing global di bidang Ekonomi dan Bisnis dilandasi oleh nilai-nilai keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berahlak mulia.
2)    Meningkatkan kegiatan penelitian dan pengabdian pada masyarakat dalam pengembangan dan penyebarluasan ilmu pengetahuan baik mutu, jumlah maupun sarana publikasi sehingga dapat memberikan kontribusi nyata dalam pengembangan sumber daya ekonomi dan meningkatkan kerjasama yang berkelanjutan dengan instansi pemerintah maupun non pemerintah.
3)    Meningkatkan sistem tata kelola dan manajemen perguruaan tinggi yang baik menuju Good University Governance melalui penguatan sistem penjaminan mutu internal dan pengembangan infrastruktur teknologi informasi sebagai basis pelayanan kepada civitas akademika, stakeholder maupun masyarakat luas.

4.    SASARAN

Untuk Tujuan 1 :
1)    Terciptanya sumber daya manusia / lulusan yang profesional dan berdaya saing global di bidang Ekonomi dan Bisnis
Untuk Tujuan 2 :
2)    Tercapainya peningkatan kegiatan penelitian dan pengabdian pada masyarakat dalam pengembangan dan penyebarluasan ilmu pengetahuan baik mutu, jumlah maupun sarana publikasi sehingga dapat memberikan kontribusi nyata dalam pengembangan sumber daya ekonomi dan meningkatkan kerjasama yang berkelanjutan dengan instansi pemerintah maupun non pemerintah.
Untuk Tujuan 3 :
3)    Tercapainya sistem tata kelola dan manajemen perguruaan tinggi yang baik menuju Good University Governance melalui penguatan sistem penjaminan mutu internal dan pengembangan infrastruktur teknologi informasi sebagai basis pelayanan kepada civitas akademika, stakeholder maupun masyarakat luas

5.    STRATEGI PENCAPAIAN
Strategi untuk sasaran 1 :
1)    Periode Tahun 2010-2012
a.    Optimalisasi proses pendidikan dan pengajaran dengan mengembangkan kurikulum berbasis kompetensi
b.    Optimalisasi peningkatan suasana akademik yang sesuai standar mutu
c.    Optimalisasi sarana dan prasarana pembelajaran.
d.    Optimalisasi pengembangan tenaga pendidik dan tenaga kependidikan melalui peningkatan kompetensi dan kualifikasi akademik.
Strategi untuk sasaran 2 :
2)    Periode Tahun 2011-2013
a.    Optimalisasi peningkatan mutu, jumlah dan sarana penelitian ilmiah yang dipublikasikan
b.    Optimalisasi sumber-sumber pendanaan baik internal maupun eksternal melalui pengembangan unit bisnis dan kerjasama
c.    Optimalisasi partisipasi publik, baik pemerintah maupun non pemerintah dalam setiap kegiatan pengabdian masyarakat di bidang ekonomi dan bisnis.
Strategi untuk sasaran 3 :
3)    Periode Tahun 2011-2014
a.    Optimalisasi peran dan tugas Senat Perguruaan Tinggi
b.    Optimalisasi Sistem Penjaminan Mutu Internal
c.    Optimalisasi Pengembangan Infrastruktur Teknologi Informasi
d.    Optimalisasi Peningkatan Citra STIE “Yasa Anggana” Garut

6.    TOLOK UKUR KEBERHASILAN
1)    Terserapnya minimal 75 % lulusan di pasar kerja maupun secara mandiri  maupun 25 % melakukan aktivitas wirausaha pada akhir tahun 2014.
2)    Tercapainya peningkatan mutu dan jumlah penelitian ilmiah secara bertahap dalam setiap tahunnya.
3)    Tersedianya sarana publikasi hasil penelitian berupa jurnal ilmiah terakreditasi di tingkat intitusi pada akhir tahun 2012.
4)    Terlaksananya kegiatan pengabdian pada masyarakat yang menunjang terhadap pengembangan sumber daya ekonomi masyarakat minimal 2 kali dalam setiap tahunnya.
5)    Tercapainya kualitas kerjasama yang berkelanjutan dengan instansi pemerintah maupun non pemerintah dalam menunjang pelaksanaan tri dharma perguruaan tinggi.
6)    Terimplementasikannya sistem tata kelola dan manajemen perguruaan tinggi melalui penguatan sistem penjaminan mutu internal pada akhuir tahun 2013.
7)    Tersedianya fasilitas infrastruktur teknologi informasi yang sebagai berbasis pelayanan kepada civitas akademika, stakeholder maupun masyarakat luas di semua bidang / unit kerja pada ahir tahun 2014.

AKADEMIK

Dosen

DR. Asep Supriyatna, Drs., MM

DR. Edi Mulyadi, Drs., SE., M.Si

DR. Asep Rustiawan, Drs., MM

DR. Asep Saeful Hidayat, Drs., M.Pd

DR. Suherman

DR. Adesetya

H. Tommy Indra Gunawan, SE., MM

Dea Agustina, SE., MM

Dadang Syafarudin, SE., MM

Deni Rustandi, SE., MM

Udayat, Drs., MM

Mamat Rochmat, SE., MM

H. Yusuf Tojiri Drs., MM

Ratno Thahyadi, SE., MM

Siti Aminah, Dra., M.Pd

Jajang Sugiat, SE., M.Pd

Urip Sudiana, SE., M.Pd

Iyus Suryana, SH., MH

Edi SUharto, Drs., M.Kom

Imam Solahudin, S.Ag., ST., M.Si

Mahdar, Drs., M.Pd

H. Nia Gania Karyana, Drs., M.Edev

Amir Hamzah, S.S

Burdan Ali Junjunan, SH., M.Si

Marnanto, Drs

ARif Rahman Hidayat, SE.Ak

H. Dedi Rustandi, Drs

Endang Sunardi, SH

Dede Sopian, SE

About Doellhae

Happy people is not a great man in every way, but one that can find simple things in life and give thanks diligent. :) ( Orang yang berbahagia bukanlah orang yang hebat dalam segala hal, tapi orang yang bisa menemukan hal yang sederhana dalam hidupnya dan rajin mengucap syukur ). :)

Posted on 13 April 2015, in FahmiAbdulAziz. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: